5/22/2013

Southwest Airlines Takes Off with Better Supply Chain Management

Kelompok 9
Anggota Kelompok :
Agatha Gladyswara K / C1C011065
Ariestia Wahyu K / C1C011077
Silvy Christy S / C1C011080
Novia Forenti / C1C011099


Case Study Question
1.    Manajemen persediaan penting bagi Southwest Airlines karena manajemen persediaan dibutuhkan untuk mengelola persediaan dengan baik, mengerti kapan persediaan dibutuhkan, dimana bagian yang memerlukan persediaan dengan waktu yag tepat.
Proses bisnis dipengaruhi oleh kemampuan menyediakan bagian-bagian tersedia di tangan karena mempengaruhi operasi  maskapai yang efektif atau tidak, serta pelanggan biasanya tidak mau menunggu terlalu lama. Oleh karena itu, bagian-bagian tersedia ditangan sangat penting untuk tersedia.
2.    Manajemen, organisasi, dan teknologi merupakan  faktor yang bertanggung jawab untuk masalah Southwest dengan manajemen persediaan karena informasi dan data yang dibutuhkan untuk manajemen persediaan di dalam perkembangan teknologi ada pada sistem database, sehingga untuk menangani masalah Southwest, teknologi dari sistem pengelolaan informasi menjadi faktor penting. Sebab, data didapat, dikelola, dan dicari oleh manajemen lewat software yang baik guna memanajemen persediaan dan organisasi terkait keputusan dalam penggunaan sistem yang baru.
3.    Implementasi i2 software terhadap manajemen persediaan adalah manajemen menjadi lebih mudah mengakses informasi-informasi dan bahkan direkomendasikan pilihan-pilihan keputusan dengan biaya rendah dan efisien. Hal ini meringankan pekerjaan manajemen dan mencapai tujuan perusahaan dalam pelayanan pelanggan yang meminimalisir keterlambatan.
4.    Dua keputusan penting setelah menggunakan i2 Software adalah tentang pengelolaan persediaan dan pemeliharaan maskapai penerbangan.
MIS in Action
1.    Masalah yang dialami perusahaan Southwest Airlines adalah informasi yang dibutuhkan oleh manajer susah diakses karena sistemnya hanya baik dalam penyimpanan, sedangkan kebutuhan untuk pengaksesan informasi semakin tinggi sejalan dengan ekspansi perusahaan.
2.    Perusahaan menggunakan i2 Software karena perusahaan software ini memiliki beberapa program yang bisa menunjang perkembangan perusahaan.
a)    I2 Demand Planner
·      Meningkatkan peramalan untuk semua kombinasi bagian lokasi pada sitemnya.
·      Menghasilkan visibillitas yang lebih baik kepada permintaan untuk setiap bagian.
·      Perencanaan-perencanaannya mampu membedakan diantara bagin-bagian tersendiri berdasarkan tingkat kepentingan dan dimensi lain seperti volume permintaan, variasi permintaan, dan penggunaan dolar.
b)   I2 Service Parts Planner
·      Mengisi bagian penyimpanan dan memastikan bahwa bagian yang tepat, pada tempat yang tepat serta pada waktu yang tepat.
·      Bisa merekomendasikan kombinasi terbaik di bagian-bagian untuk setiap lokasi yang akan memuaskan kebutuhan pelayanan konsumen pada lokasi tersebut dengan biaya yang paling rendah.
·      Merekomendasikan kelebihan persediaan dan cara transfer dengan biaya yang efisien kepada lokasi yang bagiannya kekurangan persediaan.
c)    I2 Service Budget Optimizer
·      membantu dalam peramalan masa depan penggunaan bagian-bagian menggunakan data masa lalu.
Keuntungan yang paling terpenting adalah perusaaan bisa mengenali kekurangan permintaan sebelum menjadi masalah karena visibilitas software tersebut.
3.    Keuntungan setelah menggunakan i2 Software diantaranya :
·      Southwest manager sekarang bisa mengetahui dan mengakses informasi rantai perlengkapan baik itu ke atas maupun ke bawah.
·      Perencana-perencana dapat menilai biaya operasi perusahaan pada tingkat jasa yang berbeda.
·      Biaya persediaan dan tarif penerbangan rendah.
·      I2 software bisa memastikan bagian pemeliharaan bisa memperbaiki dengan cepat sehingga sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami keterlambatan.

1 komentar: